Penggunakan Pencarian Relatif untuk Membuat Text Table

Masih kelanjutan dari bahasan cara translasi game.

Menggunakan fitur PPU Viewer untuk membantu pembuatan text table adalah salah satu metode yang bisa digunakan, namun tidak selalu. Ada kalanya fitur ini tak berguna karena tak menampilkan alamat (address) dari font untuk teks yang ada di game.

Misal, untuk game Shadow of the Ninja dari Natsume, lokasi sebenarnya dari huruf/karakter untuk prolog dan epilog tak ditampilkan oleh PPU Viewer.  Untuk itu, kita harus menggunakan metode lain.

Salah satu metode lain tersebut adalah penggunaan fitur pencarian relatif (relative search) yang dimiliki aplikasi WindHex. Meski juga tidak selalu bisa digunakan, namun setidaknya kita punya lebih dari satu alternatif pencarian dan pembuat text table.

Ini adalah contoh langkah dari pencarian tersebut.

Pertama, buka rom (misal, game NES yakni Shadow of the Ninja) dengan aplikasi WindHex. Lalu klik Search=>Relative Search, dan masukkan kata yang ada di game, dalam hal ini misalnya kata “defeat”. Biarkan aplikasi melakukan pencarian sampai mendapatkan hasil.

Dalam contoh di atas, kita mendapatkan hasil pencarian berupa A=20, a=40, dan 0=0F. Untuk ini, awalnya kita cukup mengambil nilai a=40 saja (karena kita melakukan pencarian dengan kata “defeat”, yang mana semua menggunakan huruf kecil), dan buat kelanjutannya (41=b, 42=c, 43=d dst).

Kembali ke aplikasi WindHex, klik File=>Open Table File dan masukkan file yang baru kita buat tadi (atau jika kalian menggunakan fitur Table Maker dari Windhex sendiri, table akan otomatis diload).

Kini klik Search=>Text Search, dan masukkan kata “defeat” (tanpa tanda “). Kita akan temukan lokasi teks tersebut.

Waktunya melengkapi text table kita. bandingkan antara kata yang muncul di game (untuk contoh game, prolog game Shadow of the Ninja) dengan simbol yang ada untuk melengkapi sisanya seperti huruf kapital, tanda baca serta spasi.

Buka kembali text table hasil revisi tadi dengan WindHex, dan bandingkan hasilnya.

Setelah semua karakter dalam teks game muncul, waktunya mengedit teks yang ada, lalu simpan hasilnya dan coba jalankan.

Alternaltif lain menggunakan pencarian relatif selain menggunakan WindHex adalah menggunakan tool seperti Monkey-Moore.

Metode pencarian relatif ini bisa digunakan tak cuma untuk game NES, tapi juga untuk game lain seperti SNES atau GBA, dan mungkin lebih banyak lagi. Tapi kemungkinan takkan bisa dilakukan jika teks dalam game dikompresi khusus.

Tips Translasi Game PSP dan NDS

Translasi Disgaea DS di Hex Editor

Untuk membuat translasi game PSP dan NDS, pada dasarnya mirip dengan cara untuk mentranslasi game NES tempo hari. Perbedaan utamanya adalah game-game PSP dan NDS memiliki ukuran yang jauh lebih besar, dan dikompresi dengan cara berbeda.

Sebagaimana cara mentranslasi game NES, Hex Editor juga salah satu program terbaik untuk mengedit file game PSP dan NDS. Pada dasarnya, ada dua metode untuk mentranslasi game ini dengan Hex Editor.

Pertama adalah  langsung membuka file ISO/ROM dengan Hex Editor.  Kelemahan metode ini adalah biasanya akan memakan waktu lebih lama untuk membuka ataupun menyimpan filenya nanti, dan akan lebih sulit menemukan teks yang ingin diubah. Keuntungannya adalah karena metode ini umumnya tidak mengubah struktur file keseluruhan, patch yang dihasilkan akan relatif kecil.

Metode kedua adalah terlebih dahulu membongkar atau ‘unpack’  file ISO/ROM dengan aplikasi tertentu, dan hanya mengedit file yang berisi teks/dialog dengan Hex Editor, lalu menyatukan kembali atau ‘repack’ seluruh file (termasuk file yang sudah dimodifikasi). Metode ini membuat pengeditan berjalan lebih mudah, waktu untuk membuka atau menyimpan file lebih singkat, dan lebih mudah menemukan teks yang diubah. Kelemahannya, proses unpack dan repack umumnya akan mengubah baik ukuran maupun struktur file, sehingga patch yang dihasilkan akan relatif besar.

Untuk unpack dan repack, kalian bisa menggunakan aplikasi seperti UMDGen untuk PSP, ataupun DSLazy untuk NDS.

Satu catatan khusus, kebanyakan dari game PSP maupun NDS yang dienkripsi atau dikompresi dengan metode tertentu, sehingga kalian takkan menemukan teks dalam game secara langsung. Untuk game-game seperti ini, metode pertama mungkin takkan bisa digunakan. Kalian akan memerlukan aplikasi tertentu untuk itu, dan satu aplikasi untuk satu game belum tentu bisa digunakan untuk game lain.