Tutorial Membuat Translasi Game NES

Sesuai janji, aku akan membuat tutorial cara membuat translasi game.

Untuk tutorial pertama,  kita akan membuat translasi game NES, dan titel yang dipilih adalah game berjudul Balloon Fight dari Nintendo sendiri. Alasannya adalah karena game ini memiliki sedikit teks dan mudah ditranslasi.

Adapun yang diperlukan adalah:

  1. Rom game NES Balloon Fight (cari di situs-situs emulator).
  2. Emulator NES FCEUX (cari di situs-situs emulator).
  3. Tabular (cari di romhacking.net) untuk membua text table.

Pertama, buka rom Balloon Fight dengan emulator FCEUX. Ini adalah tampilannya.

Lalu klik Debug=>PPU Viewer
Dan inilah tampilannya

Gerakkan kursor mouse ke angka 0 di kanan, kalian akan melihat nilai Tile: $00. Ini artinya nilai hex 00=0. Jika kursor dialihkan ke angka 1, nilainya $01. Jika dialihkan ke huruf A, nilainya $0A. Perhatikan juga nilai untuk spasi, dalam contoh di atas nilainya adalah 24 (ditandai dengan tile kosong).

Buka tool tabular, dan masukkan nilai-nilai tadi. Lalu simpan (biasanya aku memilih format thingy) dan jangan lupa beri nama misal balloon.tbl.

Kembali ke emulator FCEUX dan tutup tampilan PPU Viewer. Kali ini klik Debugger=>Hex Editor. Ini akan membuka hex editor internal milik emulator FCEUX.
Klik View=>ROM File, lalu klik File=>Load *.TBL File dan buka file balloon.tbl yang kita buat dengan Tabular tadi.
Klik Edit=>Find dan masukkan kata 1-PLAYER atau 1-PLAYER GAME (gunakan huruf besar semua sesuai tabel yang kita buat tadi, ini adalah kata yang ada di layar judul).

Saatnya melakukan editing.  Ubah kata 1-PLAYER GAME menjadi GAME 1-PEMAIN. Ubah juga kata 2-PLAYER GAME menjadi GAME 2-PEMAIN dan BALLOON  TRIP menjadi WISATA  BALON. Kini klik File=>Save Rom untuk menyimpan hasilnya.

Kembali ke emulator dan klik NES=>Reset, lihat hasilnya.

Dengan cara yang sama, kalian juga bisa sekalian mencari kata PHASE (ada 2) dan menggantinya dengan kata FASE  atau TAHAP, serta kata GAME OVER dan menggantinya dengan kata GAME USAI.

Metode di atas, termasuk metode pembuatan tabel tidak selalu bisa digunakan, karena tiap game bisa saja berbeda. Beberapa situs seperti romhacking atau NES Hacker Wiki juga menyediakan data text table untuk mempermudah pembuatan text table.

Selain dengan hex editor internal FCEUX, kita bisa saja memakai hex editor lain seperti WindHex (yang juga mendukung text table). Alasan penggunaan hex editor internal di tutorial di atas adalah semata agar kita bisa dengan cepat menguji hasilnya.

Lalu, beberapa game mungkin memerlukan beberapa text table berbeda, misal jika untuk layar judul dan dialog dalam game dibedakan. Kita cukup membuat text table masing-masing dan menggantinya jika diperlukan. Jika perlu, mungkin aku akan bikin tutorial bagian 2.

Untuk membuat patchnya, kalian bisa menggunakan tool seperti Lunar IPS. Langkahnya amat mudah, kalian tinggal memilih file ROM yang belum diutak-atik, lalu ROM yang kalian edit tadi, dan terakhir masukkan nama dan lokasi penyimpanan untuk file patchnya.