Tips Translasi Game PSP dan NDS

Translasi Disgaea DS di Hex Editor

Untuk membuat translasi game PSP dan NDS, pada dasarnya mirip dengan cara untuk mentranslasi game NES tempo hari. Perbedaan utamanya adalah game-game PSP dan NDS memiliki ukuran yang jauh lebih besar, dan dikompresi dengan cara berbeda.

Sebagaimana cara mentranslasi game NES, Hex Editor juga salah satu program terbaik untuk mengedit file game PSP dan NDS. Pada dasarnya, ada dua metode untuk mentranslasi game ini dengan Hex Editor.

Pertama adalah  langsung membuka file ISO/ROM dengan Hex Editor.  Kelemahan metode ini adalah biasanya akan memakan waktu lebih lama untuk membuka ataupun menyimpan filenya nanti, dan akan lebih sulit menemukan teks yang ingin diubah. Keuntungannya adalah karena metode ini umumnya tidak mengubah struktur file keseluruhan, patch yang dihasilkan akan relatif kecil.

Metode kedua adalah terlebih dahulu membongkar atau ‘unpack’  file ISO/ROM dengan aplikasi tertentu, dan hanya mengedit file yang berisi teks/dialog dengan Hex Editor, lalu menyatukan kembali atau ‘repack’ seluruh file (termasuk file yang sudah dimodifikasi). Metode ini membuat pengeditan berjalan lebih mudah, waktu untuk membuka atau menyimpan file lebih singkat, dan lebih mudah menemukan teks yang diubah. Kelemahannya, proses unpack dan repack umumnya akan mengubah baik ukuran maupun struktur file, sehingga patch yang dihasilkan akan relatif besar.

Untuk unpack dan repack, kalian bisa menggunakan aplikasi seperti UMDGen untuk PSP, ataupun DSLazy untuk NDS.

Satu catatan khusus, kebanyakan dari game PSP maupun NDS yang dienkripsi atau dikompresi dengan metode tertentu, sehingga kalian takkan menemukan teks dalam game secara langsung. Untuk game-game seperti ini, metode pertama mungkin takkan bisa digunakan. Kalian akan memerlukan aplikasi tertentu untuk itu, dan satu aplikasi untuk satu game belum tentu bisa digunakan untuk game lain.