Penggunakan Pencarian Relatif untuk Membuat Text Table

Masih kelanjutan dari bahasan cara translasi game.

Menggunakan fitur PPU Viewer untuk membantu pembuatan text table adalah salah satu metode yang bisa digunakan, namun tidak selalu. Ada kalanya fitur ini tak berguna karena tak menampilkan alamat (address) dari font untuk teks yang ada di game.

Misal, untuk game Shadow of the Ninja dari Natsume, lokasi sebenarnya dari huruf/karakter untuk prolog dan epilog tak ditampilkan oleh PPU Viewer.  Untuk itu, kita harus menggunakan metode lain.

Salah satu metode lain tersebut adalah penggunaan fitur pencarian relatif (relative search) yang dimiliki aplikasi WindHex. Meski juga tidak selalu bisa digunakan, namun setidaknya kita punya lebih dari satu alternatif pencarian dan pembuat text table.

Ini adalah contoh langkah dari pencarian tersebut.

Pertama, buka rom (misal, game NES yakni Shadow of the Ninja) dengan aplikasi WindHex. Lalu klik Search=>Relative Search, dan masukkan kata yang ada di game, dalam hal ini misalnya kata “defeat”. Biarkan aplikasi melakukan pencarian sampai mendapatkan hasil.

Dalam contoh di atas, kita mendapatkan hasil pencarian berupa A=20, a=40, dan 0=0F. Untuk ini, awalnya kita cukup mengambil nilai a=40 saja (karena kita melakukan pencarian dengan kata “defeat”, yang mana semua menggunakan huruf kecil), dan buat kelanjutannya (41=b, 42=c, 43=d dst).

Kembali ke aplikasi WindHex, klik File=>Open Table File dan masukkan file yang baru kita buat tadi (atau jika kalian menggunakan fitur Table Maker dari Windhex sendiri, table akan otomatis diload).

Kini klik Search=>Text Search, dan masukkan kata “defeat” (tanpa tanda “). Kita akan temukan lokasi teks tersebut.

Waktunya melengkapi text table kita. bandingkan antara kata yang muncul di game (untuk contoh game, prolog game Shadow of the Ninja) dengan simbol yang ada untuk melengkapi sisanya seperti huruf kapital, tanda baca serta spasi.

Buka kembali text table hasil revisi tadi dengan WindHex, dan bandingkan hasilnya.

Setelah semua karakter dalam teks game muncul, waktunya mengedit teks yang ada, lalu simpan hasilnya dan coba jalankan.

Alternaltif lain menggunakan pencarian relatif selain menggunakan WindHex adalah menggunakan tool seperti Monkey-Moore.

Metode pencarian relatif ini bisa digunakan tak cuma untuk game NES, tapi juga untuk game lain seperti SNES atau GBA, dan mungkin lebih banyak lagi. Tapi kemungkinan takkan bisa dilakukan jika teks dalam game dikompresi khusus.