Lanjutan Perkembangan Proses Translasi

Translasi masih berlanjut. Sebenarnya event sampai di saat bertemu kembali dengan Pilika di Toto (dan diminta untuk membeli ‘jimat’ di Muse). Tapi karena ini kesempatan untuk menjelajah world map, aku sekalian mentranslasi script di lokasi lain yang bisa dikunjungi (White Deer Inn, Coronet, Greenhill, Forest Village).

Proses memang tak bisa cepat. Tapi saat ini aku sudah menemukan cara untuk menandai script dialog mana yang digunakan, sehingga hanya script itu yang ditranslasi, alih-alih semua script yang sama (yang jumlahnya bisa mencapai belasan). Jadi prosesnya bisa lebih cepat ketimbang Suikoden 1 tempo hari.

Dan untuk selingan saat jenuh mengerjakan translasi Suikoden 2, aku juga mengerjakan translasi untuk game Parasite Eve 1. Karena cuma selingan, perkembangannya juga tak bisa diharap cepat selesai. Translasi baru sampai di mana Aya harus memasuki Central Park di hari kedua.

Parasite Eve ini sebenarnya lebih singkat dari Suikoden 1 atau 2, tapi script yang sama bisa diulang hingga puluhan kali. Namun dengan menandai tiap script yang sama, aku cukup mengulangi 3 kali (pertama untuk menemukan script, kedua melihat script mana yang dipakai, dan ketiga untuk menguji hasil translasi). Well, sebenarnya bisa diringkas jadi 2 kali jika memakai script game yang ada di internet.

Dan berikut beberapa screenshot dari game parasite Eve

Video