Tutorial Menerjemahkan Game dengan WindHex

Sebelum ini, aku sudah mempost tutorial menerjemahkan game dengan berbagai tool. Sejatinya fungsi dari berbagai tool itu juga sudah dimiliki oleh aplikasi WindHex. Jadi untuk kali ini aku akan mengulang tutorial, namun hanya dengan aplikasi WindHex. Adapun game yang menjadi contoh di sini adalah game Ninja Gaiden II untuk NES.

Pertama, jalankan emulator untuk memainkan romnya. Jalankan sampai muncul teks yang ingin diterjemahkan.


Kini gunakan aplikasi WindHex untuk membuka romnya. Kalian takkan langsung menemukan teks dialog saat ini, jadi lakukan pencarian relatif. Gunakan salah satu kata sebagai kata kunci pencarian, misal di sini kata yang digunakan adalah [defeated]. Klik Search=>Relative Search, dan masukkan kata defeat, lalu klik find.

Lihat hasil pencarian.

Abaikan dulu hasil A=01 dan 0=F0 di sini. Karena kata kunci kita hanya menggunakan huruf kecil, kita juga cuma menggunakan nilai a=21.

Di WindHex, klik Tools=>Table Maker dan masukkan nilai 21=a, 22=b, 23=c, dan seterusnya hingga 3A=z. Simpan tabel ini
(File=>Save Table File), beri nama misal [gaiden2.tbl].

Saat ada pilihan untuk mengganti tabel yang digunakan dengan tabel yang baru dibuat, pilih [Yes].

Kini klik Search=>Text Search dan masukkan kata kunci (defeated) tadi.

Hasilnya seperti ini:

Waktunya membandingkan dialog asli dengan dialog di sini untuk melengkapi tabel karakter. Kita temukan 3F adalah spasi ( ), 4E adalah titik (.), 42 adalah tanda kutip (“), 5F adalah tanda tanya (?). 0A=J, berarti 01=A, 02=B, 03=C, 09=I, dan seterusnya. Klik Tools=>Table Editor dan masukkan nilai-nilai tadi untuk mengupdate table kita, dan simpan.

Hasilnya akan seperti ini:

Waktunya mengedit teksnya. Tekan tombol tab satu kali agar kursor berpindah ke sebelah kanan (bagian teks, bukan hexadesimal). Lalu ubah teks ke bahasa Indonesia.

Simpan hasilnya, lalu coba jalankan rom yang telah diedit di emulator.

Update tabel tiap menemukan karakter yang belum masuk ke tabel.

Begitulah garis besar cara menerjemahkan game dengan WindHex. Metode ini praktis bisa diterapkan untuk sebagian game, tak terbatas untuk rom NES saja. Bahkan untuk iso PS pun bisa.

Sebagai tambahan, Ninja Gaiden menggunakan 2 set tabel karakter. selain tabel karakter untuk dialog seperti yang baru kita buat, seri ini menggunakan tabel karakter lain untuk layar judul, game over, atau HUD ingame.

Tabel kedua ini memiliki susunan yang berbeda dengan tabel pertama (tidak berurutan a, b, c, d, e, dst). Untuk membuat tabelnya, kita bisa memanfaatkan fitur PPU Viewer dari emulator FCEUX. Cek artikel ini untuk tahu caranya.