Sekilas Menyangkut Translasi Game PS2

Salah satu kendala untuk menerjemahkan game PS2 ada pada hex editornya. Hex editor favoritku adalah WindHex, karena selain punya fitur lumayan lengkap, juga mendukung tabel karakter. Sayangnya hex editor ini kesulitan membuka file yang berukuran amat besar, seperti kebanyakan game PS2.

Dan sepertinya sebagian kendala mulai teratasi. Aku menemukan aplikasi – Apache 2 – yang bisa mengatasi masalah itu. Apache 2 bisa mengekstrak file dari iso game PS2, sehingga kita cukup mengedit file tersebut, dan setelah selesai memasukkannya kembali dengan . Dan selama tak ada perubahan ukuran file, artinya struktur iso juga tak banyak berubah.

Meski tetap saja tak semua game bisa ditranslasi. Sebagian game tetap menyimpan script game dalam file berukuran besar. Misal di contoh, untuk game Fatal Frame, script dialog ada pada file IMG_BD.BIN, yang berukuran sekitar 1,17 GB. Setidaknya masih bisa dibuka WindHex, mengingat game ini perlu tabel karakter yang harus dibuat sendiri.

Meski demikian, bukan berarti Fatal Frame akan menjadi proyek berikutnya. Game yang dikerjakan masih sesuai hasil polling (cuma Suikoden III game PS2 yang ada di polling).

Untuk saat ini masih perlu mendalami dulu. Jika sudah lebih paham, mungkin bisa bikin tutorial menerjemahkan game PS2. Meski yang jago mungkin hanya perlu tahu toolnya, dan mereka bisa belajar sendiri.

Satu kendala lain? Laptop yang digunakan ini tak cukup kuat untuk menjalankan kebanyakan game PS2, kalaupun bisa akan mengalami lag.